Senin, 23 Februari 2015

Cerita di Balik Libur Panjang

  Hai guys, sudah lama tak posting lagi di blog. Lumatan juga gak pernah nulis lagi. Kali ini aku mau posting seputar liburan.
  
  Liburan semester lima aku isi dengan PKL. Kalau masalah tempat PKL aku lebih memilih dekat rumah saja. Intinya sih biar bisa pulang pergi gitu. Ngirit ongkos juga kan? Makan gratis, tidur gak usah ngekos, bener gak? 

  Tapi bukan itu sih alasan utamanaya. Yaps waktu bulan Oktober kemarin aku survei ke KP3 Soropadan. Namun PA ku gak mengizinkannya. Katanya komoditas yang diambil jangan yang biasa-biasa saja. Alhasil aku harus mikir keras buat nyari tempat PKL lagi. Sedangkan waktu yang tersedia hanya sebulan. Cap cip cup nyari dimana coba? Mondar-mandir tanya sana tanya sini.Akhirnya aku milih PKL di Majalengka dengan komoditas Duren bukan duda keren ya -_-
  
  Konsultasi lagi ke PA, setelah cerita dan akhirnya PA pun menyetujui PKL disana. Yaps di Majalengka emang terkenal dengan bibit buahnya tak terkecuali duren. Menurut survei yang saya lakukan di daerah Purwokerto dan sekitarnya, kebanyakan bibit berasal dari Majalengka. Keren kan? Haha ...

  Aku juga baru tahu kalau di Majalengka ada 3 jenis durian lokal unggul. Catet ya namanya "Siriwig, Sibokor, dan Perwira." Sebenarnya ada satu lagi namanya Cangpis (Cangkang Ipis). Tapi jenis ini gak terlalu populer karena masyarakat lebih banyak menanam ketiga jenis yang tadi disebutkan.
  Tepat tanggal 15 Januari 2015 aku mulai PKL di daerah Rajagaluh Lor. Pas datang ke tempat tersebut aku langsung jatuh cinta, nyaman banget, orangnya ramah pula. Selama sebulan aku banyak belajar bukan hanya tentang pembibitan durian namun aku juga diajari okulasi jambu jamaika, mangga, nangka, jambu biji, nangkadak dan nangka yang biasa. Meskipun aku hanya PKL sendirian tapi gak ngerasa sendirian kok soalnya Pegawainya asyik-asyik apalagi pemiliknya. Bagaimana tidak, tiap hari aku dikasih makan, ngopi, selain itu PKL disana dijamin deh gak bakalan kekurangan gizi. Kebetulan pas aku PKL disana banyak pohon yang lagi berbuah. Panen dong? Yaps aku disana tiap hari makan buah. Wih seger dong? Seger banget, rambuatan, duku, sawo, pisitan, duren,lengkeng dll. Pokoknya makmur banget nyampe tambah nih berat badan haha. 

   Setiap pagi pasti rame terus, ada yang ngadu loh! Hah ngadu? Digerebeg polisi dong? Bukan ngadu judi yah, tapi ngadu (ngala duren). Buk... dari pohon yang tingginya 30 meter. Aroma duren mulai tercium, dengan gesitnya Wa Lili langsung ngambil tu duren dan membelahnya. Wih mantap banget, warnanya putih rasanya gak kalah sama kadu montong ahahaha... Kadu lokal memang Jos lah. Saking serunya PKL gak kerasa waktu sebulan cepat berlalu.

   Waktunya liburan, bener deh pas PKL gak keras di rumah. Nah loh? Maklum di rumah cuma buat numpang tidur doang. Nyampe rumah jam lima sore, jam enam pagi berangkat lagi. Tanggal 12 Februari 2015 aku pun selesai PKL. Yeaahhh Selesai juga dan laporan siap menyambutku ahaha.

   Seusai PKL aku langsung tancap gas, mau ngapain? Mau main, eh ngak ketang, mau IKUT AMT with HIMAKA PWT. Acara ini rutin digelar setiap tahuannya. Aku sudah tiga kali loh ikut kepanitiaannya. Tahun pertama jadi PDD, tahun kedua jadi konsumsi dan tahun ketiga, aku gak tahu nih jadi apa. Kebetulan aku cuma datang aja gak jadi panitia haha. Aku cuma bantu-bantu aja, eh jadi ini deh tukang jaga stand bukunya kang Ryan. Sebenernya aku juga malu datang ke acara itu soalnya sendirian, maklum angkatan 2012 kan lagi pada PKL. Ngajak teh Siti eh lagi di Purwakarta, Apang PKL, Irfan ada janji (maklum hari minggu mungkin lagi pacaran), Ngajak siapa lagi ya? Oh iya ngajak Ajid aja, eh tapi sayang dia ngak bisa datang juga. So I'm alone. Ngerasa paling tua deh. Alhamdulillah tapi masih ada Indra, Gani dan Sholih. Selebihnya kebanyakan angkatan 2014 dan 2013. Oh iya aku punya fotonya nih, gimana keseruan acara AMT.

Panitia AMT ke-8. Aku yang pake kerudung merah loh, baru nyadar warnanya paling beda.



 Trainer AMT kang Ryan Martian SP


Ratusan Peserta AMT dari berbagai SMA/MA/SMK se-Kabupaten Majalengka

      Sambil menyelam minum air. Sambil nunggu stand, baca buku Koala Kumal. Seneng banget dapet pinjaman dari Adit, dikira dia lagi baca komik conan eh pas disamperin ternyata lagi baca bukunya Bang Radit. Langsung deh disamber, baca nyampe tuntas. Baca bukunya bikin mules nih perut gegara ketawa mulu. Apalagi pas petasan jangwe. Nuhunnya Adit, dah dikasih minjem, kesampaian juga baca nih buku. Satu lagi buku yang pingin aku baca dari tulisannya Bang Bara.

 Acara AMT sudah selesai, waktunya selfi sambil nunggu eval dimulai.
    Lelah sudah pasti tapi seneng banget, bisa foto bareng penulis buku Funtastic learning, ketemu kokolot HIMAKA, tuntas baca koala kumal dan yang pasti acara HIMAKA sukses :)  walaupun harus pulang malam. Sementara jarak lokasi ke rumah sekitar 20 Km.

   Kemeriahan AMT telah usai, tanggal 16 Februari 2015 mulai KRS-an. Facebook rame banget khususnya grup kelas, mulai dari posting jadwal, ngisi kuisioner nyampe ada yang janjian milih matkul pilihan. Ah, baru saja selesai PKL harus cepet balik lagi nih ke PWT biar KRS-ku diunlock. 

   Pekerjaan baruku yaitu mantengin SIA. Ya Allah lemot temen dah. Mungkin pake kartu yang gretongan kaya gini. Bagaimana tidak? ngisi kuisioner saja nyampe tiga hari. Gak siang, pagi, malam bahkan dini hari pun susah bingit. Tepat tanggal 18, saat aku buka SIA ternyata sudah terbuka. Alhamdulillah akhirnya gak jadi pulang cepet, apalagi dua hari setelah entri KRS langsung diacc. Tanpa sms tanpa telpon, pokoknya pengertian banget deh.

    Lima hari mantengin SIA mulu, nyampe lupa kalau ada yang harus aku perhatikan. Penasaran? Noh sawi lupa dipanen. Oalah pantas saja. Jarang ditengok, eh ternyata udah pada gede.


Nandur pas harga cabe lagi naik, dipanen pas harga cabe lagi jatuh. Stategi pasarnya kurang, maklum baru dapat materi KWU sih.


Pola tanam tumpangsari, sawi dan cabe. 

      Nah kalau sudah ada sawi dan cabe kan gak repot, bikin sambal saja sudah maknyos. Apalagi hasil menanam sendiri,setidaknya residu pestisida dapat ditekan hehe.

   Tak terasa sudah tanggal 23 nih, eh emang ada apa? Baru ngeh pas nulis ini, eh ternyata tambah tua. Alhamdulillah masih diberi kesempatan. Semoga tetap istiqomah. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Semangat menggapai 50 resolusi. Amin. 

   Kado terindah dari PA, tanpa konsul langsung dibuka dan diacc. Sesuatu bangetlah. Sungguh sangat menyenangkan sekali liburannya. Besok mulai merantau lagi ke kota Satria, semoga semester enam lebih baik lagi, lebih giat nulis, belajarnya ditingkatkan lagi dan relasi bertambah.

     Itu sekilas tentang liburanku kali ini, semoga apa yang aku tulis ada manfaatnya. Maaf ya tulisannya gak jelas banget. Campur aduk kaya es campur. Hehe ...

    

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar