Selasa, 23 April 2019

Keunggulan Produktivitas Palm Oil Indonesia



 
Pemaparan materi oleh Bapak Joko Supriyono dalam Kuliah Umum di Auditorium Faperta UGM.


Industri kelapa sawit Indonesia dimulai pada tahun 1911 atau sudah berdiri sejak 108 tahun yang lalu. Tentu bukan industri yang baru kemarin sore, ada sebuah kajian panjang dengan inovasi terus-menerus untuk mengasilkan produk terbaik. Kelapa sawit menjadi primadona, namun sekitar dua puluh tahun terakhir, keberadaanya terusik karena isu-isu yang menyebabkan industri kelapa sawit terancam. Why? Seperti tulisan saya sebelumnya mengenai Sawit di Bumi Pertiwi (), ujung-ujungnya bisnis. Suatu bisnis, kompetisi itu selalu ada, dan pemenangnya yaitu siapa yang paling kuat.

Bicara soal persaingan dagang, tentu ada pesaing sawit. Anda tahu siapa pesaingnya? Malaysia. Tidak, bukan itu pesaingnya, bukan orang, bukan pula Negara, tetapi soybean, sun flower dan ripeseed. Apabila dilihat dari segi produktivitas, sawit lebih unggul dari mereka.

Serius?

Mari kita kita sama-sama bandingkan.

Produktivitas oil dari soybean yaitu 0,38 ton/ha/tahun sementara sawit mencapai 3-4 ton/ha/tahun. Artinya produktivitas oil dari soybean yaitu sepersepuluh produktivitas palm oil apabila ditanam dalam luasan lahan yang sama. Tentu ini lebih efisien dari segi lahan, terlebih lagi sawit merupakan tanaman tahunan yang mampu berproduksi sampai 25 tahun. Bagaimana dengan ripeseed dan sun flower? Tetap, sawit yang paling unggul, produktivitasnya masih sangat jauh dari sawit yaitu masing-masing 0,7 ton/ha/tahun dan o,5 ton/ha/tahun.

Produktivitas sawit dapat ditingkatkan lagi hingga 47% yaitu sekitar 6-7 ton/ha/tahun palm oil yang diproduksi. Hal ini tentu ditunjang dengan adanya breeding technology dan teknologi pendukung lainnya serta efesiensi biaya produksi.


Jaya selalu Indonesia



Materi tersebut disampaikan dalam Kuliah Umum mengenai Peluang dan Tantangan Perkebunan Kelapa Sawit di Era Milenial oleh Bapak Joko Supriyono, Ketua Gabungan Kelapa Sawit Indonesia di Auditorium Faperta UGM.

Tantangan Kelapa Sawit di Dunia Internasional berikut tentang isu-isu kelapa sawit yang merusak biodiversitas, akan dibahas di tulisan berikutnya. Coming Soon.

Terima kasih telah berkunjung
Kritik dan saran yang membangun sangatlah berarti untuk perbaikan tulisan ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar