Kamis, 08 Juni 2017

Resep Praktis Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC)


            Limbah sayuran maupun bebuahan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pupuk organik cair. Pembuatan POC yang sangat mudah dan murah tentu dapat menghemat biaya produksi dari pada harus membeli POC dengan harga yang relatif mahal.
            Bahan baku pembuatan POC yang saya gunakan yaitu dari timun suri yang sudah tidak layak konsumsi atau membusuk. Bahan baku ini disesuaikan dengan limbah yang terdapat di lingkungan sekitar.
            Alat dan bahan
Alat yang digunakan yaitu ember, pengaduk, saringan halus (kain) dan botol bekas air mineral. Sedangkan bahan yang digunakan yaitu 1 kg limbah sayuran atau bebuahan (timun suri), gula pasir/gula merah 8 sdm dan EM4 5 ml.
Cara Pembuat POC
1.      Timun suri diperas menggunakan kain hingga sari atau airnya keluar.
2.      Cairan tersebut ditambah gula dan EM4, diaduk hingga larut.
3.      Cairan dimasukkan ke botol bekas air mineral yang steril (dibilas dengan air panas).
4.      Cairan tersebut dibiarkan selama 15 hari. POC yang jadi akan berbau wangi seperti tape.
Setiap hari dicek, dan dibuka tutupnya perlahan agar gas keluar lalu ditutup rapat kembali. Agar tidak repot buka tutup setiap hari, sahabat bisa menggunakan wadah yaitu jerigen yang disambungkan dengan selang ke botol air mineral berisi air.
Bahan baku yang digunakan apabila agak padat dengan kadar air sedikit seperti pisang, maka perbandingan limbah dengan gula yaitu 1:1 dan diberi air hingga macak-macak. Ampas sisa perasan bisa jangan dibuang tapi dimanfaatkan kembali dengan cara yang sama yaitu diberi air sedikit (botol bagian kanan).

POC timun suri, pepaya dan jeruk

Bahan untuk membuat POC bisa ditambahkan dengan air cucian beras dan air kelapa. Semakin beragam jenis bahannya maka kandungan yang terdapat dalam POC akan semakin kaya dan baik. Gambar di atas merupakan POC dari bahan papaya, jeruk, timun suri, air cucian beras, gula dan air kelapa tanpa menggunakan EM4.
Aplikasi
POC diencerkan dengan air (1:100), aplikasi dilakukan pada pagi hari dengan dosis 10-40 ml disesuaikan dengan umur dan jenis tanaman.

 
aplikasi POC pada cabai
 Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar